Dilema

Per tanggal 19 Oktober 2022 kemarin, aku ganti HP. HP lamaku sudah menemaniku selama 5 tahun lebih 3 bulan, dalam susah maupun senang, suka maupun suka. 

Sebenarnya, kemarin-kemarin aku dilema, antara mau ganti HP atau servis HP aja. Di satu sisi, pengin ganti HP aja, karena performa HP lamaku itu udah menurun drastis sehingga amat sangat mengganggu. Tapi, di sisi lain, juga pengin tetap mempertahankan HP lama, karena sayang sama duitnya. 

FYI, HP lamaku itu udah rusak tombol powernya. Jadi, karena tombol powernya udah keras banget, alhasil setiap kali mau nyalain HP itu, harus aku colok ke charger dulu supaya layarnya nyala. Alhasil, ke mana-mana aku harus bawa powerbank. Soalnya kalau sampai batrenya habis dan HP nya mati total, aku bakal kesulitan nyalainnya. Kalau udah begitu, aku harus menekan tombol power sekuat tenaga untuk nyalainnya. Seringkali, tanganku sampai sakit karena harus berkali-kali mencet tombol power. 

Selain itu, indikator batrenya juga udah error. Pernah suatu ketika, batrenya masih 20%, lalu aku charge, eh bukannya nambah malah berkurang jadi 5%, lalu aku tunggu, 10 menit kemudian jadi 60%, terus aku tinggal tidur, bangun-bangun, drop jadi 0%, lalu mati total deh. Padahal, itu udah aku charge selama 5 jam-an. 

Kemudian, gara-gara pemakaianku cukup brutal -- yakni, aku sering ngecharge HP, baru 10 menit, aku cabut, and then aku charge lagi -- alhasil lubang chargernya jadi longgar. Setiap kali dicharge, kesenggol dikit aja, lepas. So, hanya untuk ngecharge aja, aku harus perlahan-lahan dan berhati-hati banget, agar charger nya gak lepas. 

Lalu, terjadilah dilema alias perang batin, antara perasaan dan logika. 

Perasaanku berkata, "Kamu harus ganti HP,  nih. Ini udah di tahap mengganggu banget."

Logikaku mendebat, "Duh, yakin mau ganti HP? Apa gak coba di servis dulu? Siapa tau masih bisa dipake. Kan biaya servis lebih murah daripada beli baru. "

Lalu dijawab sama perasaanku, "Ya elah, ingat, kamu udah pakai HP itu selama 5 tahun lebih loh. Kalaupun kamu sekarang beli HP baru, itu namanya kebutuhan, bukan pemborosan. Pemakaian barang elektronik selama 5 tahun tuh udah termasuk awet kok. Dah sana, beli HP baru aja. Kamu tuh, mbok jangan demen mempersulit diri sendiri. "

Kira-kira begitulah perdebatannya. Dan, akhirnya, perdebatan dimenangkan oleh perasaanku. Sore itu juga, pumpung gak hujan, aku langsung nggeblas menuju toko HP. 

Sore itu, aku telah secara resmi memensiunkan HP lamaku, dan melantik HP baruku. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Susah Konsentrasi Selama Pandemi

Gak Mau Makan Mie Selain Indomie

Ibu Saya adalah Orang yang Beruntung dalam Hal…