Nostalgia Lukisan Zaman SD

Tadi saya iseng buka-buka lemari di ruang tamu. Dan, surprisingly, saya menemukan lukisan-lukisan saya semasa SD.

Awal mula saya menekuni melukis sebagai hobi itu bermula dari ketidaksengajaan. Begini ceritanya. Suatu hari, masjid di dekat rumah diwajibkan mengirimkan peserta lomba menyanyi, pidato, melukis, dan lain-lain. Semua lomba sudah ada pesertanya. Tapi, untuk lomba melukis, belum ada pesertanya. Singkat cerita, saya (sebagai satu-satunya anak kecil yang tersisa), ditunjuk untuk ikut lomba melukis.

And then… saya dapat juara 2.

Saya pun melihat ini sebagai potensi yang sayang kalau gak dikembangkan. Dan dari situlah, saya mencari tempat les melukis dan sering ikut lomba lukis. Ibu sayalah yang selalu mengantar-jemput.

Saya benar-benar intensif banget ikut les dan lomba ini berlangsung selama 2 tahunan, tepatnya dari kelas 4 hingga 6.

Dulu, saya sering merengek kepada ibu, minta dibelikan crayon baru, padahal crayon lama masih ada. Alasannya, karena crayon lama udah ada yang patah. Selain itu, alasan lain adalah…pengin punya yang baru aja, sih. Hehehe, khas anak kecil banget, ya?

Hingga akhirnya, saya tamat SD, dan, aktivitas melukis ini saya tinggalkan begitu saja.

Sudah lebih dari sepuluh tahun saya tidak lagi melukis. Yang artinya, sudah lebih dari sepuluh tahun pula crayon-crayon di rumah saya tidak tersentuh.

Melukis, adalah hobi masa lalu saya. Walaupun pada akhirnya saya tidak menjadi pelukis, tapi, saya tidak menyesal pernah mempelajarinya. Belajar melukis bermanfaat buat saya, walaupun secara tidak langsung.

Ini adalah beberapa lukisan saya, yang masih tersisa. Sebenarnya, dulu, ada banyak yang lain, tapi, entah sudah hilang atau terselip ke mana.

Lukisan-lukisan ini khas anak SD banget. Gak jauh-jauh dari gunung, pepohonan, semak-semak, sawah, sungai, rumah, dan sejenisnya.

Beberapa lukisan ini saya buat ketika pelajaran SBK (Seni Budaya dan Kesenian). Jadi, jangan heran kalau ada tanda tangan guru atau nilainya, ya. Hehehe…

Oke, langsung saja, yuk, nostalgia melihat lukisan-lukisan saya semasa SD.

1. Rusa dan Pepohonan

2. Candi Prambanan

3. Memberi Makan

4. Membuat Angklung

5. Persahabatan

6. Cinta Tanaman

7. Suasana Desa

8. Memandang Bunga

9. Batik Motif Rumah

10. Jamur

11. Motif Ukir

12. Gambar Vignet

13. Bunga di Pekarangan

14. Motif Batik

15. Membaca

16. Ke Masjid

17. Cinta Budaya

18. Petani

19. Membuang Sampah

20. Bunga Matahari

21. Barbie

22. Desaku

23. Hari Ulang Tahun

24. Makan Buah-buahan

25. Bermain di Laut

26. Rumahku

27. Membersihkan Lingkungan

28. Gambar Stilasi

29. Motif Tumbuhan

30. Motif Binatang

31. Gambar Dekoratif Bercorak Tumbuhan

32. Buah dan Sayur

33. Batik Motif Kawung

34. Kucing

35. Kenthongan dan Kendhang

36. Kuda di Lapangan

37. Perspektif

38. Dua Silinder

39. Panorama

40. Pakaian Adat

41. Berdoa

42. Kolam Ikan

43. Kompleks Perumahan

44. Menyiram Bunga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Susah Konsentrasi Selama Pandemi

Diam itu (Belum Tentu) Emas?

Semua Foto Akan Terlihat Jadul pada Waktunya