Susah Spontan

Salah satu kelemahanku adalah susah spontan

Ketika harus spontan, bisa-bisa, aku panik duluan. Dan kalau udah panik, kacaulah semua yang udah aku persiapkan.

Jaman sekolah misalnya. 

Generasiku termasuk yang dapet Kurikulum 2013. Salah satu pembeda Kurikulum 2013 dibanding kurikulum sebelumnya adalah siswa harus lebih aktif. 

Jadi, kalau di kurikulum sebelumnya, siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru. Di Kurikulum 2013, siswa lebih banyak presentasi di depan kelas. 

Yang namanya presentasi, saat itu, adalah hal yang kurang aku sukai.

Kenapa? 

Ada presentasi yang diadakan saat itu juga. 

Jadi, guru bilang, "Yak, saya beri kalian waktu 10 menit. Silahkan bentuk kelompok beranggotakan 4 orang. Kemudian kalian presentasikan materi pelajaran (kita sebut saja) ABC di depan kelas." 

Itu yaaa, dulu aku zebelll beud kalau disuruh presentasi dadakan gitu. Soalnya, yah itu tadi, aku susah spontan. 

Di saat itu aku merasa, bahwa aku tuh sebetulnya belum terlalu menguasai materi pelajaran tersebut, tapi aku dituntut harus seolah-olah tampak paham dengan materi pelajaran tersebut. 

Nah terus, ada juga presentasi yang gak begitu dadakan. Jadi, murid dikasih waktu 1 minggu misalnya, untuk mempersiapkan slide power point dan sebagainya, barulah di pertemuan selanjutnya, murid mempresentasikannya di depan kelas. 

Nah kalau menghadapi presentasi model begini, dulu yah, dalam waktu 1 minggu untuk mempersiapkan slide power point itu, aku tuh cemas, kepikiran, udah parno duluan lah pokoknya. 

Aku deg-degan, menunggu hari-H presentasi tersebut.

Di akhir presentasi, biasanya, ada sesi tanya jawab. 

Yang bertanya adalah murid yang gak lagi presentasi. Yang harus jawab adalah murid yang baru presentasi. 

Hal yang pualing aku takutkan ketika akan presentasi adalah, gimana kalau sampai di akhir presentasi atau di sesi tanya jawab, aku gak bisa jawab pertanyaannya.

Dan hampir selalu, di setiap presentasi, aku terlihat bodoh. 

Kalau bahasa Jawanya, plonga plongo kaya kebo, yang artinya, planga-plongo seperti kerbau

Well, itu perumpamaan bagi orang yang gak paham apa-apa.

Hahaha, kok aku jadi playing victim begini sih. 

Seolah-olah, kayak aku tuh korban apaaa gitu. Padahal kan harusnya, aku gak usah sebegitu alerginya lah, sama hal-hal yang menuntut spontanitas. 

Harusnya, presentasi mah presentasi aja. Kalau merasa belum menguasai materi ya belajar. Ada pertanyaan ya jawab sebisanya.

Gitu kan simpelnya. Dasar aku!

Oke, sekian curhatan kali ini. Bye.

Komentar

  1. maksudnya susah kalau ada acara yang mendadak, mudah panikan ya...coba buat vlog juga alih alih hanya blog sebab fakta mengatakan blogging is the old job (blogging pekerjaan sudah jadul)
    Asik loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, maksudnya sering kikuk kalau harus mengikuti acara mengharuskan spontanitas. Hehe, kalau vlog kayaknya belum berminat.

      Hapus
  2. Apa mba Sekar tipe yang panik juga bila ada telepon mendadak? πŸ˜†

    Saya paham apa yang mba Sekar ceritakan, sebab teman saya ada yang begitu, kadang sampai mulas-mulas perutnya karena grogi, jadi mau spontan atau dikasih waktu 1 minggu untuk maju ke depan kelas, tetap mulas dan keringat dingin segede kacang. Mungkin karena sudah ada banyak kekawatiran, takut nggak bisa jawab, begini begitu jadi nervous berkepanjangan.

    Semoga sekarang mba Sekar sudah lebih bisa menghadapi hal-hal spontan, yaah 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak eno, kalo ada telp, saya suka grogi. Sebetulnya grogi waktu mau presentasi tuh gak ada gunanya. Gak ada untungnya sih, tiap mau presentasi grogi duluan tuh. Semoga ya mbak Eno, saya semakin bisa menghandle rasa grogi yg berlebihan 🀣

      Hapus
  3. Dlu waktu SMA.. Presentasi ini jadi momok bagi beberapa orang.. soalnya kita suka bngt biki mati gaya kelompok atau orang yg lagi presentasi di depan.. jadi setiap sesi tanya jawab.. kita bakal cecer mereka dengan pertanyaan yg susah2.. haha makanya guru saat itu seneng banget ngasih tugas presentasi ke kita karena kelasnya paling aktif.. padahal mah beberapa orang ada yg smpe terluntang lantung pas diem di depan nggak bisa jawab.. sumpah sih jahat banget.. πŸ˜„

    Tapi nggk smpe marahan. Mngkin karena kita udh cenderung kompak kali ya.. haha

    Aku juga presentasi masih grogi Mba.. di tempat kerja juga kadang grogi apalagi kalau disuruh presentasi di depan orang yg pertama ketemu.. haha. Pikirannya kangsung nyabang kemana2.. wkwk

    Tapi katanya itu adalah bagian dari proses.. jikalau nanti sudah biasa. Presentasi bisa jadi hal yang menyenangkan.. semangat untuk kita berdua 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu jaman sekolah aku tuh takut banget sama yg namanya presentasi. Aku kagum deh sama teman2 yg jago presentasi. Dan aku baru bisa menikmati momen presentasi itu waktu sidang skripsi pas kuliah. Hahaha, yap, presentasi itu nyenengin sebetulnya, asal kita paham πŸ˜‚

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Susah Konsentrasi Selama Pandemi

Gak Mau Makan Mie Selain Indomie

Ibu Saya adalah Orang yang Beruntung dalam Hal…